Beranda > Artikel, Science > Sekilas mengenai earthquake

Sekilas mengenai earthquake

Earthquake alias gempa bumi merupakan suatu hal yang tidak asing lagi kita lihat sekarang ini. Apalagi ini menyerang kita, woowwww….. bisa hancur lebur semua dan sama rata dengan tanah segala sesuatu yang ada diatasnya dan yang dibuat dia goyang duyu.

Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itu lah gempa bumi akan terjadi.

Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km [WIK09].

Mungkin sebagian dari kita menganggap sepele akan gempa bumi, jika belum pernah merasakannya mungkin ya. Namun kalau uda pernah merasakannya, pasti woww.. minta ampun deh. Bisa jantungan kita dibuat dan akan selalu mengingatnya jika hanya terjadi sikit guncangan saja. Mungkin cerita yang sangat memperihatinkan yang diakibatkan oleh gempa bumi yang saya ketahui dah dan ikut juga merasakan guncangannya meskipun pas tidur pagi adalah peristiwa Tsunami pada 26 Desember 2006 kemarin. Korban jiwa yang direngut pun sangat banyak sekali.

Nah, jika anda ingin tahu menahu jika terjadi suatu guncangan seperti gempa dan ingin tahu berapa besar kekuatan gempa tersebut dan dimana lokasi terjadinya… nih dia inti ceritanya. Langsung buka usgs , semua informasi akan gempa bumi tersebut terekam semuanya dengan baik. Semua gempa bumi yang terjadi di seluruh muka bumi setiap harinya terekam oleh sistem yang mereka miliki.
Woow…. sungguh hebat bukan sistem yang mereka gunakan. Mmmm… semua muka bumi ini bisa diliput dengan baik. Kebetulan itu situs dikasi tahu Mr.THS dosen ERP kami di Pidel. Jadi, kalo ada gempa, bukain itu, langsung cari informasi, siapa tahu tempat terjadinya gempa tersebut adalah salah satu yang kita ketahui.🙂🙂

Kategori:Artikel, Science
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: