Beranda > Artikel, Event, IT, Kuliah, Pidel, Tips > Penerapan Teknopark

Penerapan Teknopark

Teknopark, suatu istilah yang baru saya dengar dan memang baru dengarlah. Istilah ini saya dapatkan kemarin sore, 11 Maret 2009 dari hasil Kuliah Umum yang dibawakan oleh Bapak Eko K.Budiarjo dan Bapak Warsito dari Jakarta mengenai Teknopark Politeknik Inormatrika Del. Beliau adalah salah satu pengajar dari Universitas Indonesia (UI) yang nantinya sebagai panitia persiapan pelaksanaan teknopark di daerah sekitar Pidel.

Meskipun sudah sore dan udah agak lumayan mengantuk, dari sini dapat saya tangkap bahwa teknopark itu adalah penerapan teknologi informasi dalam masyarakat termasuk pemerintahannya dalam menjalankan aktivitas mereka sehari-harinya, sehingga dimungkinkan pengumpulan data yang akurat dan terpusat. Akurat dan terpusat maksudnya disini bahwa setiap kegiatan yang terjadi data yang ada itu dipublish atau dipublikasikan ke masyarakat sehinggga setiap kejadian itu dapat diketahui hasilnya dan kemudahan untuk mendapatkan informasi.

Dalam presentasinya, Pak Eko memberikan contoh beberapa Kabupaten di Indonesia yang telah menerapkan teknologi informasi dalam masyarakatnya dan dalam pemerintahannya. Kabupaten tersebut adalah kabupaten Sragen di Jawa dan Kabupaten Jembrana di Bali. Mengapa mereka berhasil dengan itu???? Yah.. dari hasil penuturan beliau, bahwa suatu negara yang maju itu identik dengan teknologi mereka yang maju. Begitu juga dengan kedua kabupaten tersebut, mereka bisa berhasil adalah karena teknologi informasi yang mereka gunakan. Nah, mengapa mereka bisa berhasil adalah karena dukungan dari pemerintah yang sepenuhnya mendukung penerapan teknologi informasi dalam menjalankan pemerintahannya dan juga di dukung oleh sumber daya manusia sebagai teknisi atau pengembang TI tersebut yang juga adalah dari anak daerah kabupaten tersebut. Jadi, faktor keberhasilannya adalah karena dukungan anak daerah yang ingin memajukan daerahnya dengan menerapkan teknologi informasi dan juga dukungan dari pemerintah setempat, yaitu Bupatinya.

Berbalik ke situ, hal yang serupalah yang ingin di terapkan di kabupaten Tobasa sebagai kabupaten dimana Pidel berada yang didalamnya telah ada sumber daya untuk menerapkan teknologi informasi sebagai media pemerintahan dan menyediakan informasi agar semua masyarakat dapat menjangkaunya dengan mudah tanpa ada yan tertutupi. Mudah-mudahan rencana dari panitia penerapan teknopark ini di kabupaten Tobasa bisa dilakukan dalam waktu dekat, meskipun itu dimulai dengan hal-hal yang kecil dan yang pastinya itu harus melibatkan anak daerah dan semua pihak yang terlibat di dalamnya demi tercapainya Kabupaten Toba Samosir yang berbasis teknologi informasi.

Menurut saya, agar ini bisa diterapkan secara berlanjut seperti yang di Sragen, perlu adanya tim yang khusus untuk menangani ini semua yang nantinya bisa diterapkan dalam teknologi informasi. Jadi nantinya akan ada pusat dari TI yang akan mengolah setiap data dan informasi yang ada, apabila setiap pihak yang ingin mendapatkan data tinggal mengaksesnya melalui suatu media tanpa harus datang ke sumber data. Jadi keakuratan data dan data yang selalu up to date bisa terjaga. Dari pimpinan juga harus demikian, memaksakan (istilah kasarnyalah) semua staff-nya belajar untuk menggunakan komputer sebagai dasar untuk bisa menerapkan IT nantinya. Selain itu, belajar untuk menggunakan service-service yang tersedia di Internet yang mendukung pekerjaan mereka. Maka dengan itu mereka akan paham dengan apa manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh teknologi informasi. Ini juga akan didukung dengan adanya pemebelajaran dan penerapan mengenai teknologi informasi di sekolah-sekolah yang juga merupakan bagian dari masyarakat.

Horas Martabe (Marsipature Hutanabe)!!!

Kategori:Artikel, Event, IT, Kuliah, Pidel, Tips
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: