Beranda > Event, Serba-serbi > Opini seorang blogger untuk alam dan penghuninya

Opini seorang blogger untuk alam dan penghuninya

Menjaga bumi dari kerusakan, ya… memang itu sudah menjadi tugas dan kewajiban kita di dunia ini. Namun, tugas dan tanggung jawab yang itu sering kali dibaikan oleh kita manusia, manusia yang seharusnya menjaga alam menjadi perusak yang paling mutakhir. apalagi seiring berjalannya zaman dan perkembangan teknologi yang ada. Manusia menjadi serakah akan dirinya sendiri dan berusaha mengeksploitasi alam dengan dengan teknologi dan kemampuan yang dimilikinya tanpa memikirkan apa yang akan terjadi nantinya pada alam dan lingkungan sekitarnya.

Manusia akan sadar dan berusaha memperbaiki tindakan yang dia lakukan setelah alam rusak dan membahayakan dirinya sendiri. Itulah yang terjadi sekarang ini. Manusia akan sadar setelah bencana datang mengancam dan menerpa diri mereka dan lingkungannya, seperti banjir, tanah longsor, kebakaran huta, dan yang lainnya. Maka kesadaran dari dalam diri manusia pun tumbuh setelah perbuatan yang dilakukannya itu memakan korban, lumayan masih sadar akan perbuatannya, kalau tidak…. bisa makin gawat juga nih…:)

Nah, dibalik itu semua berbalik kepada diri kita sendiri dalam menjaga alam agar tetap menjadi wujudnya dan bisa bersahabat dengan kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan dan dari dalam diri kita sendiri dan dari hal-hal yang paling simple dan mudah. Ini dapat dilakukan dan dimulai dari pola kehidupan kita sehari-hari, membuang sampah pada tempatnya, ya….. pada tempatnya yang sebenarnyalah, jangan ke sungai sebagai pembuangan akhir, soalnya ada sungai, pasti sungai tersebut sudah menjadi langganan pembuangan sampah dari daerah sekitar. Oleh karena itu, mari kita menghindarinya, karena itu bisa membuat saluran sungai macet, menimbulkan sarang-sarang nyamuk, dan bahkan akhirnya itu bisa menjadi salah satu penyebab banjir.

Tanah longsor, ya… inilah yang sering terjadi kita dengar beritanya dari TV apalagi kalau musim penghujan sudah tiba. Permukaan tanah menjadi rapuh akibat tidak adanya akar pepohonan yang menahan aliran air hujan, sehingga tanah menjadi gembur dan mudah longsor. Yang paling parah, tanah longsor ini sering memakan korban, karena banyak penduduk yang membuat pemukimannya di daerah rawan longsor dan mungkin mereka menyadari apa yang akan terjadi nantinya dan mungkin mereka tidak terlalu memperdulikannya. Itu karena apa?? itu salah satu ulah manusia juga, menebangi pepohonan dengan sembarangan tanpa memperdulikan akibatnya.

Alam akan tidak menjadi bersahabat apabila kita melakukan hal-hal yang tidak dengan alam sendiri. Intinya adalah mari kita menjaga bumi, karena kita adalah penghuninya dan kitalah yang harus merawat, menjaga, dan memperbaikinya, kalau tidak, siapa lagi??? Kita sendirilah nanti yang menjadi korban, keluarga kita dan keturunan kita nantinya. Mari kita galakkan dan dukung setiap kegiatan yang berhubungan dengan menjadi sahabat alam, seperti program penanam pohon, tidak membuang sampah ke sungai, pengurangan alat-alat yang bisa mengakibatkan global warming dan lapisan ozon menipis, dan yang lainnya, baik itu yang dibuat pada media massa, plangkat, selebaran dan yang lainnya. Yang penting adalah pelaksanaan dan implementasinya dan bukan hanya omongan belaka.

So…let us to save our earth……

Opini ini dibuat dalam rangka mengikuti “Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3” yang ada pada Komunitas Kompas Muda.

Kategori:Event, Serba-serbi
  1. dejavan
    Januari 31, 2009 pukul 10:04 am

    setuju,
    mari kita jaga bumi kita
    tetap lestari dan sejuk

  2. dejavan
    Januari 31, 2009 pukul 10:04 am

    setuju,
    mari kita jaga bumi kita
    tetap lestari dan sejuk

  3. Jontri Pakpahan
    Februari 1, 2009 pukul 1:25 pm

    @dejavan
    mari bung…
    ;;)

  4. Jontri Pakpahan
    Februari 1, 2009 pukul 1:25 pm

    @dejavan
    mari bung…
    ;;)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: