Beranda > Event, Nation, Serba-serbi, Sports > Serba-serbi Olimpiade Beijing 2008

Serba-serbi Olimpiade Beijing 2008

“Citius, Altius, Fortius”, merupakan motto olimpiade yang berarti “Faster, Higher, Stronger”.

Olimpiade yang dilaksankan di Beijing untuk tahun ini, 2008 merupakan olimpiade yang ke -29 yang dimulai pada tanggal 8 Agustus hingga 24 Agustus 2008, dengan acara pembukaan yang diadakan pada pukul 08:08:08 (8 malam lewat 8 menit dan 8 detik – angka 8 diasosiasikan dengan kemakmuran dalam kebudayaan Tionghoa).
Wah… jadi teringat akan acara di televisi mengenai angka 888 ini yang menjadi fenomena, berbagai hal dilakukan dan kejadian yang terjadi pada saat ini. Ada-ada aja memang dan macam-macam, bayangkan seorang ibu hamil dipaksa harus melahirkan pada hari dan tanggal tersebut. What’s up???? Aneh bin ajaib.

back to topic,
dalam pengadaan olimpiade beijing ini juga penuh dengan fenomena yaitu pro dan kontra yaitu mengenai Tibet, yah… sangat disayangkan memang, namun apa boleh dibuat memang sudah harus seperti itu. Dimana ada suatu kejadian, pasti akan selalu ada halangan.

Nah, setelah lihat-lihat di berbagai situs, ada beberapa larangan yang diberlakukan selama pelaksanaan olimpiade olahraga terbesar didunia ini berlangsung, ini memang hal-hal sepele tapi terlalu menggangu sih kayaknya, terutama untuk para penonton. Nih dia dari koraninternet, :

  • Beberapa ketentuan yang dikeluarkan bagi para penonton antara lain penonton dianjurkan untuk datang ke lapangan dua jam sebelum pertandingan dimulai untuk melewati sejumlah pemeriksaan di pintu-pintu masuk lapangan.
Bagus nih, baiar penontonnya disiplin, biar ga ambur adul dan ga terjadi keributanlah, seperti rebutan tempat duduk, kehabisan tempat duduk dan macam-macamlah. Kalo untuk yang kuliah atau sekolah ini berlaku juga kayaknya atau untuk menghadiri suatu acara, tapi disana ga perlulah sampai dua jam datangnya, cukup sepuluh menit ajalah sudah hadir ditempat sebelum acara dimulai atau perkuliahan.:)

  • “Semua lapangan dan gedung pertandingan sudah dibuka dua jam sebelum pertandingan dimulai,”
Memang udah harus dibukalah dan harus seperti itu, penonton aja dibilang sudah harus datang dua jam sebelum pertandingan dimulai.:-D

  • Sejumlah larangan yang diterapkan oleh BOCOG, antara lain penonton dilarang membawa makanan dan minuman atau keduanya, baik di dalam botol keras maupun botol lunak (plastik tipis).
Yah.. kasihan kali ya…. ga bisa makan-makan, padahal makan sambil nontonlah enak makan-makannya. Biar ga dilemparilah pemainnya mungkin dan biar ga kotor!!!

  • Penonton juga dilarang membawa alat-alat musik, seperti drum dan gong, terompet, serta peluit, juga membawa benda-benda yang dapat merusak, serta membawa tas berukuran besar.
Bah… berarti pertandingannya sunyi senyaplah ya….. kalo jarum jatuh pasti kedengaran.

  • Ia mengatakan pula, para penonton dilarang membawa bendera atau spanduk yang berukuran lebih dari 2 meter x 1 meter, poster, brosur, atau slogan-slogan.
Jelaslah..biar ga makan tempat, itukan dibayar juga dan ada pajaknya.

  • Ditambahkan, penonton juga dilarang membawa perlengkapan rekaman video profesional yang tidak memiliki izin, pisau, payung berukuran panjang, tongkat, tripod kamera, serta benda-benda lain yang bisa melukai penonton.
Iyalah… pantaslah itu, apalagi yang namanya pisau, bisa-bisa kena potong nanti dan membahayakan keamanan…

  • “Selain itu juga dilarang membawa senter, korek api, atau alat penerang lainnya, juga binatang khususnya anjing. Anjing yang bertugas sebagai pemandu bagi orang buta mendapat pengecualian,” katanya.
Jelaslahh, buat apa bawa senter sama korek api, kan terangnya… Bawa binatang??? yah… ga tahulah…

  • Larangan juga berlaku bagi seluruh perlengkapan elektronika yang dapat mengganggu sistem komunikasi perlengkapan elektronika panitia Olimpiade, seperti handy talky dan radio.
Maksudnya barangkali biar ga berisik…

  • Petasan, kembang api, amunisi, berbagai jenis senjata dan alat-alat yang mudah terbakar dan meledak juga dilarang dibawa ke lapangan. Bahkan benda-benda tersebut juga dilarang sesuai undang-undang China,” katanya.
Betul…ini harus sangat diperhatikan, kalo di tempat kami bawa petasan atau kembang api kok bisa ya???

  • Sementara sikap penonton yang dilarang antara lain membuka payung ketika berada di tempat duduk sedang menyaksikan pertandingan dan berdiri untuk waktu lama tidak ditempatnya sehingga mengganggu pemandangan penonton lain yang duduk.
Jadi kepanasan deh…serba salah juga ya…terpaksa dipanggang matahari…. berarti disini ga bisa egois….

Susah juga ya kalo pergi ikut nonton, lebih baik nonton dari TV aja ah… atau melalui Internet yaitu dari youtube, untuk update informasi secara langsung yaitu dari Offisial Website Olimpiade Beijing 2008, atau dari nbcolympics yang merupakan summer dari olimpiade 2008, dari sport yahoo, dan macam-macamlah.

Sementara perolehan medali terbanyak masih dipegang oleh USA, menyusul tuan rumah China, disusul Korea, Rusia, dan Ceko kalau ga salah. Untuk dari negara kita, INA, kayaknya belum ada satupun medal yang diperoleh. Moga-moga dari sisa pertandingan yang ada tim dari INA memperoleh medal yang bisa nantinya dibanggakan.

Yah.. sukseslah untuk olimpiade beijing sesuai dengan motto mereka yaitu one wold one dream. Tapi dibalik pencapaian itu, justru trjadi masalah besar, yaitu perang antara Rusia dan Georgia, sungguh disayangkan sekali. Padahal kedua negara tersebut mengirimkan kontingennya untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Beijing 2008.

  1. thegands
    Agustus 13, 2008 pukul 2:19 am

    ganti topik blog ya bro? kok tiba2 membahas olah raga?

  2. Mom Baby Vay
    Agustus 13, 2008 pukul 3:36 am

    Memang musti serius klo mo gelar perhelatan besar. Klo di Indonesia, jangankan hadir 2jam sebelumnya. yg ada pemainnya telat! Kekekekek

  3. Jontri Pakpahan
    Agustus 17, 2008 pukul 1:33 am

    @thegands
    ga masalah kan bro sekali-kali, mumpng lagi olimpiade.

    @Mom Baby Vay
    Betul…..
    Klo soal telat itu ga terpungkiri lagi, dan itu sudah hal yang lumrah…tapi kalo ingin berubah, pasti bisa.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: