Beranda > Kampus, Kuliah > Acara penutupan semester

Acara penutupan semester

Ada pembukaan..berarti harus adala penutupan. Begitulah pernyataan yang diungkapkan dosen kami pada saat acara pentupan akhir semeseter TA 2007/2008. Acara ini berlangsung pada sabtu kemarin tanggal 28 Juni 2008 yang full selama satu hari.

Acara tersebut dimulai pukull 08.00 WIB sampai 22.00 WIB. Seru kalilah satu harian itu. Acara pertama yang dimulai pada pukul 08.00 sampai 09.30 WIB yaitu acara dari pihak kampus yang dilanjutkan dengan acara dari tim anak-anak Teologia Pematang Siantar.

Acara ini merupakan acara yang pertama kali diadakan dikampus kami, Pidel yang merupakan acara penutupan. Acara di buka oleh moderator, yang kemudian dari pihak akademik, pihak kemahasiswaan, dan diakhiri dengan Ibu Direktur Pidel.

Pada acara itu, terutama pada sesi dari pihak kampus disaat Ibu Inggriani selaku Direktur Pidel memberikan beberapa arahan dan nasehat sebelum kami menjalani masa libur. Libur coy….asyik…dua bulan penuh….

Hal yang paling saya tangkap dan paling saya sukai dari perkataanya adalah yang menyatakan yaitu “Hiduplah secukupnya dan mengalir”. Beliau juga menceritakan dan berbagi cerita mengenai kiat sukses dari perusahaan Toyota yang berhasil dalam produksinya sehingga bisa menjadi suatu perusahaan yang baik dan mutakhir.

Nih yang menjadi landasan mereka yang sempat aku tulis saat beliau menjelaskan. Artinya sangat dalam dan bagus untuk kita tiru dan laksanakan. Namanya adalah Toyota Way.

Nih dia isinya….
Toyota Way yang disebut dengan Keizen…..

  • Seiri yang berarti ringkas
  • Seiton yang berarti rapi
  • Seiso resik yang berarti bersih
  • Seiketsu yang berarti rawat
  • Shitesuke yang berarti rajin

Tapi ada juga yang harus kita hindari dari Toyota Way tesebut yaitu:

  • Muri —– Overburden
  • Mura —– Inconsistency
  • Muda —– Waste (Pemborosan)

Nih..dia lagi penyebab terjadinya Muda (pemborosan), yang paling berhubungan dengan hidup kita ini:

  • Overproduction
  • Motion
  • Waiting
  • Conveyance
  • Processing itself

Ngga tahu aku, rada-rada ingatlah….semua toyota way itu berhubungan satu sama lain. Apabila satu bagian kita lakukan, dan itu akan sangat mempengaruhi bidang yang lainnya.

Nah..aku coba lihat dari wikipedia mengenai Toyota Way, dan ternyata ada banyak disana prinsiple yang diberikan, ada 14 prinsiple.

Yah….gitualh dulu mengenai acara tersebut…next slide adalah…ini dia yang lebih seru. Namanya acara Outbound yaitu acara dari tim anak-anak Teologia….main game sampai sore yang dilanjutkan dengan acara merenunglah dibilang pada malam hainya dan doa bersama.

Pokoknya inti dari acara kegiatan Outbound tersebut adalah menjalin kebersamaan dan disiplin. Yah…mereka sangat kreatif dalam memberikan setiap permainan, dan game yang paling ak suka adalah diaktu membuat bangunan atau aplikasi yang berbahankan sepotong tali plastik, dua potong karton, tiga batang bambu, dan isolasi. Kita harus menciptakan suatu aplikasi yang menampung ssebuah telor yang dijatuhkan dari suatu ketinggian sampai kelantai. Dan aplikasi tersebutlah yang kita gunakan untuk menahahan telor tersebt agar tidak pecah. Nice coy..habis kita tertawa terbahak-bahak dibuatnya.

Oklh..munkin inilah postingan terakhirku dari my campus, berhubung karena libur dua bulan kedepan. Sampai jumpa kembali dan happy holiday………..

Kategori:Kampus, Kuliah
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: