Beranda > Uncategorized > May Day 2008….

May Day 2008….

Apa itu May Day????
Ini merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi kita saat ini. Banyak media sekarang ini dan bahkan tiap tahunnya yang membahas mengenai event ini. Kalau dilihat dari katanya…terasa ada yang aneh terasa ya dan kayaknya ada sesuatu hal yang sangat wah gitu….!!!

Dari beberapa media dan sumber yang saya baca bahwa May Day itu adalah  hari buruh Internasional. Biasanya pada hari itu seluruh buruh akan bergabung dan melakukan aksi unjuk rasa. Seperti yang saya baca tadi sore dari koran kompas, bahwa aksi may day itu sudah dilaksanakan para kaum buruh sejak hari ini 30 April 2008 dan untuk besok hari 1 Mey yang merupakan puncak dari semuanya.  Untuk daerah DKI saja pemprov DKI sudah mempersiapkan ribuan personel keamanan, samai lima belas ribuan…wlah mak…jang….pasti penuh dengan massalah besok ya ibukota.

Pada hari ini adalah masa bagi untuk kaum buruh terutama di negara kita Indonesia ini kepada pemerintah, untuk lebih memperhatikan kehidupan kaum buruh. Terutama dalam waktu kerja dan upah yang didapatkan. Ya….semogalah pemerintah tanggap akan kehidupan buruh. Karena buruh adalah salah satu tonggak dari kehidupan ekonomi dan juga perindustrian dan mereka secara langsung terlibat dalam ini.

Semoga untuk peringatan May Day terutama di negara kita ini berjalan lancar dan tidak terjadi keributan dan percekcokan. Terutama untuk tindakan anarkis yang mengakibatkan kerugian pada pihak tertentu. Biarlah peringatan itu berjalan dengan aman dan damai.

Baru dari mana latar belakang munculnya event untuk May Day ini sehingga itu merupakan suatu hal yang sungguh peringatan yang sangat besar bagi kaum buruh diseluruh dunia ini?

Dari milis yang saya baca dari yahoo, bahwa  Sejarah awal May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi di tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisirnya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.

Pada tanggal 5 September 1882, parade Hari Buruh pertama diadakan di kota New York dengan peserta 20.000 orang yang membawa spanduk bertulisan 8 jam kerja, 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi. Maguire dan McGuire memainkan peran penting dalam menyelenggarakan parade ini. Dalam tahun-tahun berikutnya, gagasan ini menyebar dan semua negara bagian merayakannya.

Kongres Internasional Pertama diselenggarakan pada September 1866 di Jenewa, Swiss, dihadiri berbagai elemen organisasi pekerja belahan dunia. Kongres ini menetapkan sebuah tuntutan mereduksi jam kerja menjadi delapan jam sehari, yang sebelumnya (masih pada tahun sama) telah dilakukan National Labour Union di AS: Sebagaimana batasan-batasan ini mewakili tuntutan umum kelas pekerja Amerika Serikat, maka kongres merubah tuntutan ini menjadi landasan umum kelas pekerja seluruh dunia.

Satu Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada Konggres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions untuk, selain memberikan momen tuntutan delapan jam sehari, memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. Tanggal 1 Mei dipilih karena pada 1884 Federation of Organized Trades and Labor Unions, yang terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada 1872 [1], menuntut delapan jam kerja di Amerika Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886.

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: