Beranda > Uncategorized > Review Mid Semester

Review Mid Semester

Ah…..akhirnya siap juga bah yang namanya UTS dalam lima hari ini. Tak terasa memang, seakan itu baru dimulai kemarin. Ternyata beban itu terlewati juga seiring dengan berjalannya waktu.

Oh ya…aku mau berbagi cerita nih mengenai bagaimana perjuangan dalam satu minggu ini.

Mata kuliah yang diujikan adalah IBAD (Internet-Based Application Development) yaitu pelajaran yang berhubungan dengan pembuatan web site secara dinamis menggunakan tools PHP,Apache,dan MySQL. Namun ujiannya hanya teori saja, tidak ada praktikum, agak gentar juga untuk mengahadpi ujian ini karena merupakn hari pertama ujiannya. Jadi masih belum masuk kewilayahnya ujian, jadi perasaan ini bun agak gimana gitu. Apalgi ujiannya dimulai jam 13.00, yah…lama juga nunggunya, itupun kita udah agak bosan nynggunya kapan itu akan dimulai, soalnya apa yng diotak ini nanti keburu hilang semua karena kelamaan ujiannya. Ujiannya pun dimulai,tapi ah…lumayan ribet juga bah soalnya, ribet bukan berarti terlalu apa, susah kali baca code yang diberikan. Diratakan semua, jadi susah bedain dan menganalisis codenya dengan baik. Jujur pembuatan code yang seperti saya rasa kurang baik. Apabila kita membuat code, sebaik mungkin itu code kita susun dengan baik, membuat indentasinya, pokoknya bagaimanalah supaya orang lain mengerti code yang kita buat dan indah untuk dilihat.

Selesai hari pertama masuklah hari yang kedua, coursenya English coy…ya…ga palah terlalu diporsirlah belajarnya..santai masih….slow but sure..gitu kata orang. Agak sempoyongan juga aku bah menghadapi soal yang yang disuguhkan. Ga pala apa sih, tapi sulit untuk menganalisa soal yang diberikan. Terutama untuk bagian yang menjawab pertanyaan, tau jawabnnya tapi susah untuk ditulisakan bagaimana kata-katanya yang bagus. Dihari ini juga, ada teman yang cepat siapnya dan langsung mengumpulkan jawabnnya, padahal waktunya kurang lebih 30 menit lagi. weh…master.pikirku.

Masuk ke hari ketiga, coursenya DBS, Database Management System. Disini kita butuh pemahaman aja dalam mengahadapi soalnya, ga perlu meghafal tapi yang penting adalah kita mengerti dan memahami. Lumayan mantap juga itu Bapak memutarbalikkan soalnya terutama yang untuk pilihan bergandanya. Kita dibuat terkecoh, padahal jawabannya hampir mirip-miripnya semua. Memang gitulah yang mantap, kita dibutuh kan pemahaman yang kuat. Bentuk soalnya ada dua bagian, pertama 20 soal Pilber yang dikerjakan 60 menit pertama, dan kemudian 4 soal essay untuk 50 menit kemudian.

Teng…tibalah hari yang keempat, merupakan hari yang sanagt sulit untuk menghadapinya, perlu tenaga yang ekstra untuk menhadapi yang satu ini. DSAD itulah dia Distributed System Application Development, Kita butuh hafalan nih…udah pelajarannya ribet ditambah lagi slide dan topik kuliahnya yang super banyak, ada berapa ya.. kalo ngga salah adalah sekitar 15 topik. Payh deh….kurang tidur juga akhirnya nih untuk menhadapi yang satu ini. Padahal soal yang diberikan cuma 10 soal essay aja. Tapi tiba hari H….buyar semuanya bah…hampa terasalah dunia ini. Terpaksalah memberikan jawaban yang ada dalam pikiran dengan tulu hati. Semuanya pun mengeluh menghadapi yang satu ini.

Then, the last, yang tidak kalah saing dengan DSAD, yaitu PROBSTAT, Probability and Statistic. Disini yang dibutuhkan bukan hafalan, tapi kejernihan pemikiran yang mantap. Mengerti permasalahan yang ada dan menyelesaikannya dengan cara-cara atau rumus yang telah ada. Harus mantaplah analisis kita untuk menganalisis permasalahannya. Angka-angkanya pun yang berkoma-koma semuanya dan menghitungnya pun agak ribetlah. Bayangkan kita harus butuh kalkulator, kalau ngga, tak bakalan deh dapat jawabannya. Gimana kalau kita diminta untuk mencari akar kuadrat dari bilangan yang berkoma- koma dan itu pun ribuan. Kalau mengkuadaratkan, buatlah masih murah, kita tinggal mengali-ngalikan aja. Yah begitulah keadaannya dan keharusannya.

Seperti itulah gambaran sedikit gambaran mengenai UTS untuk saat ini. Slow but sure. Terutama untuk dua hari terakhir yang membuthkan pemorsirang yang serba ekstra. Mantaplah semuanya dengan diiringi selesainya UTS, namun perjuangan belum selesai, masih banyak hal-hal yang sudah datang mengadang didepan. Patah Tumbuh Hilang Berganti, siap masalah dan tantangan yang ini , datang lagi masalah yang itu yang sudah mengahdang dan menumpuk.

PA 2, Project Akhir Dua, itulah target atau sasaran selanjutnya yang nantinya akan diiringi UAS yang juga sudah datang menghadang. Sudah dalam queque. Apapun nanti hasilnya, tapi yang terpenting kita sudh berusaha. Kita akan merasa sangat puas dengan hasil keringat kita sendiri dan kita sudah berusaha keras menghadapinya, meskipun itu belum tentu akan memberikan hasil yang kita harapkan. Tapi yang paling penting adalah prosesnya, proses untuk lebih maju………

happy sruggle…..and welcome doubt…………

Kategori:Uncategorized Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: