Beranda > Kuliah, Private, Serba-serbi > Kesialan untuk satu hari ini

Kesialan untuk satu hari ini

Sial kali aku pagi ini bah…
entah mimpi apa aku semalam…entah lah….
habis PC ku ngga bisa masuk ke sisop nya…
gawat kal bukan.

itu memang bermula dari ketika aku mau mengubah default boot menu yang dulunya linux mau membuat jadi windows.
Aku ikuti aja instruksi yang ada seperti di forum KM pada sub forum ang-06.
ya…perintag sudo ….bla..bla pun aku jalankan.
disana ditampilkan semua isi menu.lst
disaana ada boot menunya ubuntu yang punya tiga bagian ditambah satu lagi untuk windows. katanya pada forum bahwa default boot menunya windows adalah 4, dan saya ganti itu boot menu yang dulunya dua.
Tak…
saya restart…
ngga ada perubahan…
aku masuk lagi seperti semula..
aku mau mencoba menghilangkan beberapa sub menu dari boot menu dari ubuntu…maka saya command kanlah itu dua paling bawah…
\tak…
restart…
berhasil…cuma tinggal dua boot menunya..yaitu untuk linux dan windows..
tapi masalahnya default boot loader bukan windows, tetapi masih tetap linux…
saya laukan kembali langkah kayak yang pertama.
Ok…saya ganti itu linux yan semula 5 menjadi 3 dan windows yang semula 2 menjadi 4 dan kemudian saya commentkan tulisan other operating system
Ctr + S
close…restart…
boot menu pun muncul…
tapi masalahnya sekarang adalah ….bahwa tidak bisa masuk kesisopnya, baik ke linux maupuin ke windows.
Error no no device…
Wah..gawat ini pikirku…
coba berbagai usaha pertama, tanya teman, konsultasi melalui forum. Ah…ngga bisa juga..
hampir putus asa juga ini orang. Mau diinstal ulan gsemuanya , atau ngga ya…???
tapi susah jug ananti, udah banyak file yang ada dan data-data yang penting, ditambah lagi udah mau UTS.

Ok…pikirku…saya tanya CD Ubuntu sama-teman ngga ada yang bawa.
terpaksa gua lari ke asrama…tap…lemari pun kuba gemboknya dan kucari CD Ubuntu..tap ..lemari pu terkunci.
Tapi sial..dompet ku ketinggalan dilemari, padahal kunci lemari disitu…biarlah situ pikirku.
Aku pun bergegas ke Lk.
Tap saya live Cd kan..
Pertama-tama pakai live CD nya agak lama juga bah. Kenapa ini ya pikirku. Akupun mematikan kembali CPU ku dan membootnya kembali. Behasil…aku periksa semua isi drive c dan d ku pada windows apa hilang tau ngga ya, pikirku. Oh ternyata, aman-aman saja.

Bagaimana caranya mengatasi yang tadi ya piirku. Install ulang aja ubuntunya seru kwanku. Iya juga pikirku. Aku install, agak lumayan lancar lah prosesnya dan tidak memakan cukup lama. Akupun sambil membuka-buka web yang ada di kampus kami sambilan menunggu proses instalasi selsesai.

Tap, proses instalasi pun hampir selesai, tapi tiba-tiba muncul pesan error, aduh kenapa ini pikirku. Aku coba lagi….ulangi dari langkah awal. tapi eh…tiba-tiba lampu padam. Busyetlah pikirku. Sial kali perasaanku saat itu, udah suasana genting tambah lagi masalah.

Akupun harus menunggu kurang lebih setengah jam menunggu listrik hidup. Padahal PC kawan-kawan aku langsung hidup karena ditempat kami pakai ganset, tapi punya malah masih mati. Aku cari tahu, eh arus listrik ke PC kami terhubung ke LK seberang yang lagi belajar English. Aku pun harus rela lagi bersabar menunggu waktu mereka menghidupkan listrik di LKnya. Sial banget persaanku,

Listrikpun dihidupkan beriringan dengan selesainya kelas sebelah kuliah English. Akupun cepat -cepat hidupkan PC dan menginstall ubuntu. Tapi masalahnya sekarang adalah waktu, beberapa menit lagi kami akan masuk kuliah teori DSAD. payah pikirku, ada aja halangan ini. Tapi udalah pikirku, mudah-mudahan ini berhasil.

Teman se PC ku pun aku kasih tahu permasalahannya dan dia pun melanjutkan instalasi yang sedang berjalan. Busyeettt….pikirku dalam hati.

Kuliah DSAD pun selsesai dan aku langsung bergegas ke Lk menanyakan apakh brhasil atau ngga, dan ternyata berhasil….Thank’s God gumamku. Akupun langsung bergegas melanjutkan kegiatan selanjutnya dan persaanku pun lega.

Akupun gagl untuk mengulangi peljaran yang ketinggalan yang semula aku mau kerjakn tapi ngga apa-apalah pikirku asalkan masalahnya telah terselesaikan.

Oh ya…untuk mengganti menu boot list pada linux supaya defaultnya windows like that:

begini cara gantinya :
1. Masuk Ke Sisop linux mu, trus login.
2. Buka terminal
3. lakukan command : sudo gedit /boot/grub/menu.lst
4. Akan terbuka window yang berisi boot list.
5. Buat default boot menjadi 4, karena xp biasanya nomor 4.
6. save.

arti command :
sudo : kita melakukan perintah dengan akese root, perintahnya adalah membuka aplikasi gedit ditambah argument path file.
gedit : aplikasi text plain yang digunakan untuk membuka file yang terletak di path /boot/grub/menu.lst

Memang …

Pengalaman adalah guru yang terbaik…..

  1. zee
    April 7, 2008 pukul 4:32 am

    gpp lah, makin sering dicoba trs makin banyak pengalaman jd makin tau yg mana yg lebih baik.

  2. zee
    April 7, 2008 pukul 4:32 am

    gpp lah, makin sering dicoba trs makin banyak pengalaman jd makin tau yg mana yg lebih baik.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

