Selasa, 01 Apr 2008 | 14:19 WIB

TEMPO Interaktif, :
Bak seorang gadis, Yahoo sedang bersolek. Ia sedang meningkatkan posisi tawar di mata Microsoft, yang sedang getol-getolnya meminang.

Saat petinggi Redmond rajin menawar, awak-awak portal raksasa itu tak berhenti berkreasi. Salah satunya adalah portal cantik yang khusus ditujukan bagi kaum perempuan.

Portal baru yang diluncurkan pada awal pekan ini bernama Shine (www.shine.yahoo.com). Harapannya, portal ini akan meningkatkan nilai jual perusahaan tersebut.

Keterlibatan kaum perempuan di jagat maya memang semakin tinggi akhir-akhir ini. Proyek riset Pew Internet & American Life yang berjudul Teens and Social Media menemukan bahwa angka peningkatan jumlah blogger perempuan adalah 35 persen. Bandingkan kaum pria yang hanya 20 persen.

Selain itu, jumlah perempuan yang online dan suka mengunggah foto mereka mencapai 54 persen. Pria hanya sekitar 40 persen.

Yahoo pun tak bisa mengesampingkan perempuan bila ingin situsnya tetap yang teratas pada kategori gaya hidup. Pasalnya, perempuan juga memiliki angka demografi yang sangat signifikan sebagai pengguna Yahoo.

Tak kurang dari 40 juta pengguna berusia 25-54 tahun adalah kaum perempuan. “Kalangan wanita adalah kunci sukses Yahoo. Selama ini, kami mengenal mereka sebagai chief household officer (pengatur masalah rumah tangga),” ujar Amy Lorio, General Manager of Lifestyles Yahoo.

Karena itu, Shine adalah proyek pertama Yahoo yang membidik audiens spesifik, tak hanya topik per topik. Ada delapan editor yang ditugaskan untuk mengurusi beberapa tema, seperti home, parenting, fashion, culture, dan career. Salah satunya adalah Editor Kepala Brandon Holley, yang pernah menjadi pimpinan redaksi majalah wanita Jane.

Dalam situs ini, akan dipajang berbagai bahasan tentang wanita, yang bersumber dari blog-blog ternama, seperti Glamour, Epicuious.com, Style.com, InStyle, Cosmopolitan, Harper’s Bazaar, Women’s Health, Good Housekeeping, Conde Nast, Hearst, dan Time.

Pembaca Shine juga bisa membuat blog pribadi di portal ini. Bila para editor merasa blog tersebut menarik dan layak, artikel pada blog itu akan dipublikasikan pada bagian lain situs Shine.

Tak hanya itu, pengguna dapat bisa mengakses surel alias surat elektronik yang menggunakan akun Yahoo! Mail, langsung dari Shine. Yahoo juga mengintegrasikannya dengan Yahoo! Search, Food, Health, dan Astrology. Nantinya, mungkin akan terintegrasi dengan Yahoo! Messenger dan Yahoo! Answers.

Situs ini diharapkan akan mampu bersaing dengan situs-situs sejenis, seperti iVillage, Fashion, atau glam.com. Namun, menurut Holley, Shine akan berbeda dengan situs-situs tersebut. Shine memberikan interaksi yang lebih banyak dengan pembaca serta memberi tempat yang lebih banyak bagi pandangan editornya.

Secara sekilas, situs ini tampil lebih sederhana, estetis, dan menarik, tidak seperti tampilan halaman-halaman web Yahoo sebelumnya, yang agak ramai dan cenderung kusut. Meski tak sekusut proses tawar-menawar pembelian Yahoo oleh Microsoft.