Beranda > Kampus, Kuliah > SYP dan About Moodle

SYP dan About Moodle

Pertemuan pertama SYP untuk pertama kali kami lakukan tadi sore, yaitu dengan pak Henry yang bertempat di ruangan dekat kantor Direktur pada sekita jam lima sore. Pertam-tama kami kami saling memperkenalkan diri dan kemudian dilanjutkan dengan pemabahasan mengenai project dan yang berkaitan dengannya. Beliau merupakan salah satu dosen yang menjadi Client kami selain Ibu Direktur.

Dalam hasil pembicaran yang didapat, bahwa latar belakang munculnya moodle adalah karena pada perusahaan jarang membuat membuat suatu aplikasi dari awal dan hampir tidak ada. itu diakibatkan waktu yang diberikan hanya sekitar 3 bulan kepada developer untuk menyerahkan hasil suatu proyek, oleh karena itu para developer memakai yang sudah ada dan khususnya itu yang open sourcelah, dn hasil yang dideliver bukan software yang sudah ada tetapi iu software di costumize ole para developer.

Moodle is a course management system (CMS) – a free, Open Sourcepedagogical principles, to help educators create effective online learning communities. You can download and use it on any computer you have handy (including webhosts), yet it can scale from a single-teacher site to a University with 200,000 students. This site itself is created using Moodle, so check out the Moodle Demonstration Courses or read the latest Moodle Buzz. software package designed using sound.

Pengertian diatas saya ambil dari situsnya moddle.org yang merupakan situs resminya. Dan untuk pengertian yang lain yaitu:

Moodle is a course management system designed to help educators who want to create quality online courses. The software is used all over the world by universities, schools, companies and independent teachers. Moodle is open source and completely free to use.

Moodle merupakan suatu software untuk edukasi yang biasa digunakan oleh mahasiswa atau dosen pada perguruan tinggi yang sifatnya dua arah. Maksudnya dua arah disini adalah bahwa dosen dan mahasiswa itu bisa saling berinteraksi melalui moodle ini, contohnya untuk ujian atau quis yang diberikan oleh dosen dn mahasiswa akan langsung menjawabnya dan moodle akan langsung memeriksa hasil ujian itu secara langsung ketika jawaban ujian diupload dan mahasiswa bisa langsung meliaht hail ujiannya. Moodle ini juga bisa nantinya akan menghsilkan bank soal yang telah terkumpul selama perkulaiahan berlangsung. Hal inilah yang membedakan moodle ini dengan web akademik dimana sifatnya hanya satu arah.

Moodle ini sifatnya adalah open source sehingga dokumentasinya pun jarang ada. Moodle ini bisa kita kembangkan atau costumize dengan menambah beberapa fitur atau form yang sifatnya tidak mempengaruhi fitur yang lain da asal aplikasinya bisa berjalan dengan baik.

Yah… seperti hal diatas lah yang akan kami lakukan nantinya dalam PA 2 ini. Mempelajari code yang dibuat oleh orang lain dan memahami seluk beluknya, setelah itu kita bisa melakukan pengembangan atau penambahan bebrapa fitur dari yang sudah ada. Ini memberikan tantangan abru bagi kita, dari sini nantinya kita diharapkan bisa mengetahui bagaimana programming yang baik dan yang tidak baik., belajar melihat code yang dibaut oleh orang lain dan memahaminya.

Ya… untuk sejauh ini tugas yang diberikan kepada kami adalah mempelajari itu moodle dan bagaimana itu moodle kira-kira 2 minggu ke depan karena Client utama kami Ibu Inge masih ada urusan dan oleh karena itu kami akan berkonsultasi dengan Pak Hendry sebagai Client Teknikal.

Keren kan…… moodlenya…..!!!!!!!

Kategori:Kampus, Kuliah Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: