Beranda > Uncategorized > Belajar PHP part 1.

Belajar PHP part 1.

Wah… enak kali rupanya belajar PHP ya…
Soalnya untuk semester ini kami ada masuk yang namanya IBAD (?INTERNET ? BASED APPLICATION DEVELOPMENT?) atau dalam bahasa Indonesia disebut PABI ("Pengembangan Aplikasi Bebasis Internet").
Hari ini merupakan perkenalan dengan sobat kita si php. Ternyata si php ini mantap juga dan baik terhadap penggunanya sehingga si user bisa berinteraksi dengan suatu halaman web page.

Oh… perlu diketahui ya….. bahwa belajar IBAD itu bukan berarti PHP, tetapi PHP itu merupakan tool yang dipakai dalam IBAD. Dengan ini kita akan bisa membangun suatu web yang dinamis yang bisa berinteraksi dengan user, tidak seperti web statis lagi. berarti ini merupakan kelanjutan dari pelajaran sebelumnya ya…. Dan setiap pelajaran itu pasti ada hubungannya ketingkat yang lebih tingi lagi.

Contohnya pada Sem1, belajar HTML pada IWD, sem2 belajar MWD dan IDB, Sem3 belajar OOP dan pada sem4 ini sekarang, semuanya itu digabung dalam IBAD. Keren ya…..

Oh ya… tools yang diperlukan dalam IBAD ini ada beberapa karena sifatnya adalah webserver yaitu:

1. PHP sebagai scripting.
2. Apache sebagai web server.
3. MySql sebagai database.
4. EditPlus untuk editornya, bisa juga pakai notepad.
5. Ms. Access hanya sebagai binding aja.

Bahwa php itu bisa dimasukkan dalam html dan html itu bisa dimasukan dalam php. Keduanya saling timbal balik.

Kode PHP diawali dengan tanda lebih kecil (<) dan diakhiri dengan tanda lebih besar (>). Ada tiga cara penulisan script PHP, yaitu:

<?
sript PHP
?>

<?php
sript PHP
?>

<SCRIPT LANGUAGE="php">
sript PHP
</SCRIPT>

Dari buku reference yang saya baca, cara pertama penulisan script php diatas sering digunakan karena lebih ringkas. Cara kedua digunakan untuk kombinasi dengan XML, sebuah bahasa dari pengembangan HTML. Cara terakhir digunakan untuk mengantipasi editor-editoryang tidak dapat menerima cara1 dan cara2 seperti Microsoft Frontpage.

Ok… next we continue about php.

—————————————————————-
This message was sent using IMP, the Internet Messaging Program.

Kategori:Uncategorized
  1. Anonymous
    Juni 21, 2009 pukul 4:22 pm

    Saya punya referensi nih buat yang mau lebih lanjut tentang PHP dan Ilmu Komputer lainnya, submit aja ke http://mr-amateur.co.cc.
    disitu lengkap banget lho…

  2. Anonymous
    Juni 21, 2009 pukul 4:22 pm

    Saya punya referensi nih buat yang mau lebih lanjut tentang PHP dan Ilmu Komputer lainnya, submit aja ke http://mr-amateur.co.cc.
    disitu lengkap banget lho…

  3. Jontri Pakpahan
    Juni 22, 2009 pukul 1:09 am

    ok mas…

  4. Jontri Pakpahan
    Juni 22, 2009 pukul 1:09 am

    ok mas…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: