Beranda > IT, Kampus, Open Source, Private, Serba-serbi > Program Open Source

Program Open Source

Hari ini selama satu harian penuh gue ikut ngawas pelatihan guru-guru dan siswa-siswi se-Tobasa yang diselenggarakan di Kampus Politeknik Informatika Del. Acara ini adalah program kerja dari IGOS (Indonesia Go Open Source) yang didukung oleh MenRistek.
Acara itu berlangsung selama dua hari yang diikuti sebanyak 200 orang peserta. Acara itu dimulai pada hari Jumat kemarin dan diakhiri tadi sore.

Acara pelatihan ini bertujuan untukk mengenalkan kepada masyarakat terutama untuk guru-guru dan siswa-siswi yang ada di Tobasa mengenai Open Source. Dan yang digunakan dalam Training ini sebagai SOnya adalah Edubuntu.

Open Source maksudnya bahwa aplikasi itu bisa didistribusikan dan dikembangkan oleh siapa pun. Disini juga dikenalkan kepada mereka bahwa tidak hanya Windows saja ada yang ada di kenal mereka selama ini, tetapi ada juga Linux sama seperti Windows.

Selama pelatihan ini semuanya serius mengikutinya. Namun ada satu hal yang menjadi masalah, yaitu karena menggunkan LiveCD, ya… otomatis cukup lumayan lambatlah untuk beberapa bagian komputer karena resourcesnya kurang. Tapi iti bukan merupakan suatu hambatan bagi mereka untuk lebih mengenal apa itu open source.

Pada hari pertama mereka dikenalkan feature-feature yang ada di Edubuntu, pengenalan Dekstop, LoggOff/Shutdown, Membuat dan hapus file, pengenalan kepada open office.org, pegelola gambar yang ada di Edubuntu (namanya GIMB sedangkan untuk Windows ini dikenal dengan Adobe Photoshop), pengenalan aplikasi Edukasi yang ada di Edubuntu, video, Game dan sbgnya.

Pada akhir program para peserta diminta pesan dan kesannya selama training berlangsung yang dituliskan pada lembaran karton yang khusus dibuat panitia.
Selamat untuk OpenSource yang akan bisa menyaingi Windows…..

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: