Beranda > Kuliah, Private, Serba-serbi > Lewat juga…..

Lewat juga…..

Semalam merupakan suatu tantangan yang sungguh berat yang saya hadapi. Dimana kemarin adalah suatu perjuangan yang tak terlupakan saya kira. Ya…. gimanalah… mau dibilang. Butuh suatu pengorbanan dan hati yang tulus dan ikhlaslah supaya apa yang kita dapat berjalan dengan yang baik. Kemarin kami harus menyiapkan suatu dokumen yang merupakan hasil design dari proyek yang kami buat. Adapun proyek yang kami buat adala Aplikasi HTML Checker. Aplikasi ini berguna untuk membantu seorang web programmer yang masih muda atau bisa dibilang yang masih pemulalah. Aplikasi ini juga bisa dipakai oleh siapa saja memang. Tapi ini khusus untuk yang masih pemulalah, kalau sudah yang mahir ngapain pala repot mempergunakannya. Dengan aplikasi ini seorang web programmer bisa dibantu untuk mencari kesalahan struktur HTML dan kesalahan penulisan tag-tag HTML. Proyek ini sudah berjalan kira-kira sudah lima minggu dan sekarang menjalani minggu keenam. Dimana tiap minggunya itu penuh dengan macam-macam persolanlah yang diterima yaitu mulai dari minggu pertama untuk pembagian kelompok proyek, pembuatan nama kelompok dan slogannya, pembagian tugas- masing-masing anggota kelompok, dan aturan-aturan yang akan berlaku dalam kelompok tersebut selama proyek ini berjalan nantinya. Adapun kami dalam satu kelompok ada lima orang, dimana setiap orang memiliki tugas yang berbeda-beda, namun saling koordiasi. Pembagiaanya adalah,

  • 1 Orang sebagai Proyek Manager, yaitu orang yang bertanggung jawab atas proyek yang ada dan keberlangsungannya, mengkoornir setiap anggota yang ada, mengawasi setiap pekerjaan anggota dan bagaiman sudah perkembangannya dan apa-apa saja yang sudah dicapai setiap minggunya, membuat perencanaan dan jadwal kerja yang akan dilakukan.
  • 2 Orang Sebagai Sistem Analist, yaitu orang yang akan melakukan requerment gathering, yaitu mengumpulkan segala informasi dan fakta-fakta yang berhubungan dengan aplikasi atau sistem yang akan dibangun, kemudian membuat perumusannya dan gamabran aplikasi yang akan dibangun. Pokoknya proyek berwal dari bagian inilah.
  • 1 Orang sebagai Desingner, orang yang akan membuat design dari aplikasi yang akan dibuat sesuai dengan hasil analisis untuk dimplementasikan oleh seorang programmer. Hal ini juga berguna untuk membantu programmer melakukan implementasi.
  • 1 Orang sebagai Programmer, yaitu orang yang mengimplementasikan aplikasi. Orang inilah yang paling banyak berhubungan dengan aplikasi untuk membuat pengkodingan. Mengimplementasikan hasil design ke aplikasi yang sebenarnya.
  • Dan yang terakhir adalah testing dan QA (Qualited Assurance) yaitu semua anggota kelompok. Setelah aplikasi selesai dibangun maka perlu ditesting, apakah sudah berjalan dengan baik, mencari bu-bug yang ada dan memperbaikinya. Pada QA berguna utuk mengetahui apakah aplikasi yang dibangun sesuai denagn permintaan user dan memenuhi standar aplikasi yang ada.

Memang tiap minggunya penuh dengan perjuangan, tapi hari kemarin untuk minggu ini mengenai design adalah yang paling parah kurasakan. Bayangkan pemberitahuan baru ada pada pagi harinya sesudah sekitar jam 11 siang, padahal presentasi hasil design akan dilaksanakan pukul 3 sorenya. Wah… gawatlah semua, dokumen SDDnya belum siap dan harus diprint, membuat slide lagi, membuat design layout aplikasi, membuat algorithma dari fungsi-fungsi yang ada. Wahh ribet kalilah. Dan itu pun harus dikerjakan dalam waktu sekitar dua jamlah. Untunglah kebetulan pada sekitar jam satu – jam tiga lagi tidak ada masuk kuliah, ya disitu waktu yang cocok, manatp tenang. Penuh dengan perjuangan dibarengi tekanan karena waktu yang semakin mepet. Ya… gitulah yang namanya belajar….. Belajar SENG… Software Engineering bos…..!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: