Beranda > Uncategorized > Grand Opening

Grand Opening

Grand Opening yang diadakan setiap semesternya yang bertanda dibuka semester yang baru. Grand Opening yang berlangsung selama 3 jam ini yang bertempat di Auditorium PIDEL dibuka oleh Bapak Albert Sagala yang juga sekaligus sebagaii moderator dan koordinator Akademik. Pidato pembukaan diberikan oleh Direktur PIDEL yaitu Bapak Saswinadi Sasmojo. Beliau memberikan berbagai nasehat kepada mahasiswa-mahasiswi yang hadir ditempat tersebut.

Setelah dengan berbagai penjelasan yang diberikan oleh koordinator-koordinator yang ada, maka acara pun dilanjutkan dengan kuliah umum yang diberikan oleh Ibu Inggriani Liem yang bertopik Learning to Learn.

Berikut slide pembelajaran yang diberikan:
1
IL, Learning To learn 1
Learning to Learn
Inggriani Liem
Bagian Dari Pembinaan Sofskill
IL, Learning To learn 2

Latar Belakang
• Selama pendidikan di Pidel, mahasiswa
diharapkan mampu menguasai ilmu informatika.
• Ilmu Informatika (dan juga ilmu lain) terus
menerus berkembang. Khusus informatika,
perkembangannya sangat cepat.
• Kalau belajarnya hanya fokus ke materi yang
diberikan, maka kita akan terus menerus
ketinggalan
• Maka, mahasiswa harus mampu untuk belajar.
Dengan kata lain : learning to learn

Tujuan Sesi Ini
• Mahasiswa memahami apa yang
dimaksud dengan “learning” dan “learning
to learn”
• Mahasiswa mampu menerapkannya
dalam studinya
• Mahasiswa tahun kedua dan ketiga dapat
membagikan pengalaman “learning to
learn” ke adik-adiknya

Learning principles
• Learning is an internal process.
• We learn in thousands of ways.
• We learn everywhere, at every age.
• We learn
• from what we are
• from what we know
• from what we do
• from what we want to do

Learning
• Menurut Unesco: Education throughout life
is based upon four pillars :
– Learning to know
– Learning to do
– Learning to live together
– Learning to be
• Kita belajar bukan hanya saat sekolah,
kita harus belajar seumur hidup

Tentang ‘learning’
• Learning, belajar, sangat berbeda dengan
“teaching”, diajar
• Learner type :
– Visual learners prefer to see what they are trying to
learn,
– Auditory learners prefer to hear what they are trying
to learn, and
– Kinesthetic (haptic) learners prefer to learn by
doing.
• We can learn effectively in more than one way,
but we may prefer seeing a diagram, or listening
to a lecture, or doing something active.

Your path for most effective
learning is through knowing …
• yourself
• your capacity to learn
• the process you have successfully used in
the past
• your interest in, and knowledge of, the
subject you wish to learn
Learning was never something you did because you had to, it
was something you did because you loved it [Francis Collins,
Head of Human Genome Project]

Belajar dengan baik…
• Bersikap analitis, kritis, terbuka, mau
belajar dan mempunyai strategi belajar.
• Mempunyai kemampuan untuk reading,
listening, taking notes, time management,
writing, taking exam,…
• Baca tips untuk hal-hal di atas dari
referensi yang diberikan.

Blooms Classification
1. To know – mengetahui
2. To understand – memahami
3. To apply – memakai, mengaplikasi
4. To analyse – menganalisis
5. To synthesize – melakukan sintesa
6. To evaluate – mengevaluasi

The Learning Process
Demonstrate what we learned Performance
Store the new knowledge in
memory
Memorize
Wanting to learn Motivation

From motivation to competency
Motivated people pay attention, try, learn, practice and
become competent.
From competency to motivation
Competent people have confidence in themselves, feel capable,
desire to learn new things.

Memory
All learning follows the same path:
– Every person retains only a portion of
information received.
– How a person decodes the information
depends on past knowledge.

Performance: refer to Lesson Plan
• Identify the lesson
• Themes to be covered
• Structure of contents (order of presentation)
• Time
• Specific objectives
• Teaching strategies
• Time for each activity
• Work to do
• Evaluation
• Other

Jenis-jenis Kegiatan Pembelajaran
• Lectures – kuliah
• Tutorials – responsi, tutorial
• Practical classes – praktikum, lab
• Fieldwork – kerja lapangan, PKL
• Projects – proyek
• Presentations – presentasi
• Group work – kerja kelompok
• Assignments – tugas

Kuliah
• Dosen menjelaskan prinsip, konsep,
contoh latihan
• Mahasiswa mendengarkan, memahami,
mereview apa yang sudah dipelajari
sebelumnya, memahami tugas-tugas yang
diberikan, dan bertanya jika tidak mengerti
• Di akhir kuliah, sebaiknya mahasiswa
membuat ceklist tentang apa yang
dikuasai, dan rencana kerja

Responsi
• Responsi [akar kata: “respons”] dosen
merespons mahasiswa.
• Mahasiswa aktif bertanya dan mencocokkan
apa yang sudah dikerjakan.
• Dosen menjawab pertanyaan mahasiswa dan
menjelaskan ulang (sampai batas tertentu)
mengenai hal yang dinyatakan tidak mengerti.
• Biasanya diberikan juga soal latihan untuk
dikerjakan di kelas.

Tutorial
• Tutorial bisa diadakan dalam sekelompok
mahasiswa sendiri (Tutornya biasanya
adalah “kakak”, atau mahasiswa di kelas
yang “leading’, atau antar mahasiswa)
• Dianjurkan agar mahasiswa membentuk
kelompok tutorial untuk belajar bersama
• Untuk mahasiswa bermasalah, atas
permintaan mahasiswa, diadakan tutorial
khusus.

Praktikum
• Asal kata “ “praktek”. Yang dipraktekkan bisa berupa
konsep yang diajarkan di kelas, latihan yang sudah
dikerjakan sebelumnya di atas kertas, tugas singkat
yang diberikan, proyek,…
• Mahasiswa mengerjakan rencana kerja/solusi yang
sudah disiapkan sebelumnya. Jika memang tidak
memungkinkan:
– Awali sesi praktikum dengan fase “membuat rencana kerja”
– Detail rencana kerja
– Check list hasil pelaksanaan: aktivitas riil, hasil kerja dan
capaiannya
• Hasil kerja dalam banyak kasus di Informatika dapat
dicek sendiri dengan bantuan tools/kompiler/…

Kerja Kelompok
• Beberapa tugas dikerjakan dalam kelompok.
• Penentuan kelompok :
– Sudah ditentukan, ada yang harus membentuk sendiri,
– Ditentukan oleh mahasiswa
• Setelah kelompok ditentukan:
– Buat rencana kerja, schedule, dan pembagian kerja, serta mile
stone
– Kerjakan seseuai rencana. Catat semua penyimpangan
– Di akhir kerja kelompok : buat evaluasi diri
• Sesi kerja: sesi “meeting, koordinasi”, bekerja sendirisendiri
• Team work harus baik, saling tolong menolong dan
memadukan kekuatan, tetapi tetap ingat bahwa semua
anggota kelompok harus mendapat nilai.
• “Berbagi” dengan memperhatikan etika dan azas
keadilan

Tugas
• Pahami ToR tugas (topik, lingkup,
deliverables, protokol bekerja & serah
terima hasil) dengan baik
• Buat rencana kerja dan sketsa solusi
• Kerjakan sesuai dengan ToR :
deliverables (setoran), apa yang akan
dinilai, kapan harus diserahkan, syaratsyarat
lain

Mata Kuliah
• Setiap matakuliah akan mempunyai halhal
yang spesifik
• Misalnya : untuk matakuliah programming
akan diberikan secara khusus pada sesi
kuliah pemrograman.

Harapan dosen…
• Hadir di semua sesi kuliah, beritahukan jika tidak hadir
• Kerjakan semua tugas, ikuti semua ujian
• Ikuti silabus dan program belajar yang digariskan
sehingga selalu dapat mempersiapkan diri sebelumnya
• Datang tepat waktu di kelas, saling menghormati, tidak
ribut/bercakap sendiri [atau tidur]
• Aktif berdiskusi pada saat diskusi
• Berani bertanya dan mencari bantuan jika masalah
• Bersikap positif

Gejala-gejala “bahaya”…
• Jika anda mendapat nilai di bawah 50 untuk suatu ujian,
kuis, maka itu adalah problem serius.
• Jika tidak memahami atau tidak mampu mengikuti apa
yang disampaikan pengajar.
• Jika anda mulai suka “menghindar” kegiatan kuliah
dengan alasan apapun: malas, dosen galak, matakuliah
tidak menarik, susah, kehilangan motivasi.
• Jika anda mulai suka akan seseorang atau rindu rumah
dan jadi banyak melamun, sulit belajar,…
• Jika anda lupa mencatat rekaman akademik (prestasi
per semester), mungkin saja bisa fatal akibatnya
• Jika pada UTS anda mendapat di bawah 50 (atau D, E)
dan anda belajar dengan cara yang sama maka resiko
untuk tidak lulus menjadi besar.
Prevention is better than cure

Tindakan….
• Temui dosen dan jelaskan kesulitan anda
(perhatikan jadwalnya).
• Temuilah wali akademik. Jika memang tidak
bisa memperbaiki, buat rencana bersama wali
• Cari bantuan ke teman, ke fasilitas yang
disediakan
• Tulis rencana-rencana perbaikan diri dan
lakukan. Tepati rencana anda, ingat janji
mahasiswa Pidel…

Check List
• Berapa jam per hari saya belajar?
• Apakah saya sudah memanfaatkan waktu
dengan baik?
• Apakah saya menghadiri semua jam wajib, 28
jam per minggu sesuai SKS (kuliah, praktikum,
tutorial) ? Apakah saya hadir “badan dan jiwa” ?
• Apakah saya menyerahkan semua tugas
• Apakah saya cukup tidur, berolah raga dan
makan sehat & cukup?
• Apakah saya berusaha dan mencari bantuan
jika memang menyulitkan?

Tips
• Kenali dirimu sendiri
• Kelola waktu dan hidupmu
• Perbaiki konsentrasi
• Memahami arti “belajar” dan bagaimana
mengerjakannya : preview>>class>>review>>study
• Kembangkan “A Thinker’s Vocabulary”
• Jadilah “Active reader”
• Kembangkan kemampuan “Listening & Note taking”
• Memahami bagaimana belajar dan ujian
• Menguasai setiap kuliah

Learning to Learn Tips
• Learning is a skill that can be learned, just like anything else!
• Here are some useful rules:
– Understand what is expected of us
– Develop learning with others – colleagues, experts, managers, trainers
and mentors.
– Set clear learning goals
– Follow a personal learning path – Start learning from where we are
comfortable and build knowledge methodically.
– Relate new knowledge to existing knowledge in a ‘meaningful’ way.
– Structure new knowledge and make ‘meaningful’ relationships between
concepts that we learn.
– Assess our learning to ensure that we understand before we progress to
the next concept.
– Reinforce our learning through use
– View intelligence as something that is built and not a talent that we are
born with

Bahan bacaan
http://www.eiu.edu/~lrnasst/lactips.htm
http://www.eiu.edu/~lrnasst/learn.htm
http://www.rio.maricopa.edu/distance_learning/tutorials/study/learn.shtml
http://www.ncsu.edu/studenthandbook/success/topics.php
Muskingum College
http://muskingum.edu/~cal/database/database.html
UNIVERSITY OF TEXAS AT AUSTIN
http://www.utexas.edu/student/utlc/lrnres/handouts.html
http://www.studygs.net/
http://www.utexas.edu/student/utlc/lrnres/handouts/stutips.html
The University of Texas Learning Center
http://www.utexas.edu/student/utlc
Virginia Tech
http://www.ucc.vt.edu/stdysk/checklis.html

Bahan Bacaan
LA MISSION COLLEGE
http://www.lamission.cc.ca.us/devcom/studyskillsindex.html
UNIVERSITY OF NORTH CAROLINA-CHAPEL HILL
http://www.unc.edu/depts/unc_caps/TenTraps.html BERKELEY STUDENT LEARNING CENTER
http://128.32.89.153/SLCF96/study/strat.html
Canada Online: Canadian University Study Skills
• canadaonline.about.com/od/studyskills/index_a.htm
The Resource for Academic Development and Schooling
http://www.geocities.com/theRADSca/studyingtips.html
List of links to various study skills websites
http://www.coping.org/adultlink/study.htm
Note-taking skills
• aaswebsv.aas.duke.edu/skills/ASIPwebsite/notetaking.pdf pdf format
• coe.jmu.edu/LearningToolbox/notetaking.html

Kategori:Uncategorized
  1. September 5, 2013 pukul 10:38 am

    You need to create sure you buy from your right company to guarantee
    not only quality, but a really big discount.
    As soon because water gets in the chamber using the java beans, the brewing process is initiated.
    Allow it to operate for ten mins or half the brewing process.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: